Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress


5 menit

Ketika membuat website bisnis, tentunya kita ingin pengunjung website tersebut bisa menghubungi kita dengan mudah, salah satunya dengan menambahkan tombol whatsapp di WordPress.

Cara menambahkan tombol Whatsapp di WordPress ini, kita akan menggunakan sebuah plugin bernama Joinchat, dimana plugin ini sudah mencapai lebih dari 600.000 total instalasi aktif.

Selain itu, kita juga bisa memilih opsi untuk menampilkan live chat ketika pengunjung website menggunakan PC dan hanya menampilkan tombol Whatsapp ketika pengunjung menggunakan handphone.

Tidak hanya itu, kita juga bisa menyembunyikan atau menampilkan tombol ini di halaman tertentu, sehingga jika kita tidak ingin tombol chat tampil di halaman tertentu, misalnya halaman TOS, maka kita bisa menggunakan fitur ini.

Penasaran dengan cara menggunakan Joinchat? Langsung saja ke tutorial menambahkan tombol Whatsapp di WordPress.

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress

Sebelum lanjut ke tutorial, sebaiknya ditentukan dulu tombol ini akan digunakan untuk menampilkan chat dengan whatsapp saja, atau dengan live chat?

Kalau menurut WPgan, lebih baik menggunakan whatsapp saja atau disertai dengan live chat?

Tergantung, jika website kita selalu dipantau dan tidak menggunakan shared hosting (Misalnya menggunakan VPS), maka kita bisa mengaktifkan fitur live chat. Tapi jika menggunakan shared hosting, mungkin perlu dipertimbangkan lagi penambahan fitur live chat ini, karena bisa saja menurunkan performa website.

Oke, lanjut ke pembahasan utama, untuk menambahkan tombol Whatsapp di WordPress ini bisa kita mulai dengan menginstall plugin Joinchat.

1. Install Plugin Joinchat

Jika belum pernah menambahkan atau menginstall plugin di WordPress, maka silahkan bisa dicoba tutorial yang ada di halaman ini: Cara Upload Plugin WordPress.

Setelah memahami cara upload plugin, maka selanjutnya kita bisa menginstall plugin Joinchat yang bisa didownload melalui halaman ini: https://wordpress.org/plugins/creame-whatsapp-me/.

Setelah plugin terinstall, maka tombol whatsapp tidak otomatis tampil, sehingga kita perlu melakukan konfigurasi dulu supaya tombolnya bisa tampil.

2. Konfigurasi Joinchat

Untuk melakukan konfigurasi Joinchat, kita bisa membuka menu Joinchat yang berada di panel kiri dashboard WordPress. Jika sudah ditemukan, klik saja menu tersebut untuk melanjutkan konfigurasi.

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-0

Untuk konfigurasi ini, kita memiliki beberapa poin penting yang perlu di isi, jadi pastikan mengisi semua data dengan lengkap dan benar supaya tombol bisa berjalan dengan normal.

2.1 Konfigurasi Telephone

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-1-1

Opsi ini digunakan untuk menambahkan nomor whatsapp yang ingin ditambahkan. Misalnya ingin menambahkan nomor 08888888888, maka kita bisa memilih kode negara Indonesia (+62), kemudian diikuti dengan angka setelah 0, sehingga di isi 8888888888 saja.

Setelah nomor ditambahkan, kita bisa memeriksa apakah nomor sudah benar atau belum dengan cara klik tombol Test Number, dan otomatis browser kita akan membuka tab baru untuk mencoba membuka link Whatsapp.

Untuk konfigurasi ini, pastikan di isi hingga nomornya tidak berwarna merah, karena jika tidak menambahkan nomor, tombol whatsapp tidak akan tampil.

2.2 Konfigurasi Message

Selanjutnya, konfigurasi message ini digunakan untuk mengirimkan pesan yang sudah otomatis tertulis ketika ada pengunjung website yang klik tombol whatsapp yang sudah kita tambahakan.

Misalnya kita ingin ketika pengunjung website mengirimkan chat, maka merekan otomatis mengirimkan pesan “Halo WPgan, Apakah produk “Nama Produk” masih tersedia? Saya mendapatkan link pembelian melalui https://wpgan.com/link/produk/?utm_source=twitter&utm_medium=social&utm_campaign=XXX“, maka kita bisa mengisi kolom Message seperti ini.

Halo {SITE}, Apakah produk "{TITLE}" masih tersedia? Saya mendapatkan link pembelian melalui {HREF}

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-2-1

Kemudian jika ada pengunjung yang klik tombol Whatsapp, maka otomatis akan langsung berisi pesan yang kurang lebih seperti ini

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-2-2

Untuk konfigurasi Image, sepertinya tidak perlu dibahas karena tentunya semua sudah paham kegunaan konfigurasi ini, jadi langsung saja ke konfigurasi berikutnya.

2.3 Konfigurasi Tooltip dan Posisi

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-3-1

Seperti namanya, konfigurasi ini bisa digunakan untuk menampilkan tooltip yang ditampilkan ketika kita mengarhkan kursor ke tombol Whatsapp.

Secara default fitur ini mati, alias tidak menampilkan apapun. Namun jika ingin menampilkan tooltip, maka kita bisa mengisikan teks apapun dan hasilnya kurang lebih akan menjadi seperti ini

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-3-2

Selanjutnya pada position, kita bisa mengubah posisi tombol Whatsapp akan ditampilkan. Secara default, tombol Whatsapp akan ditampilkan dibagian kanan-bawah layar, namun jika website kita menggunakan tombol back to top yang lokasinya sama, maka tombol whatsapp ini bisa dipindahkan lokasinya ke kiri dengan memilih opsi Left.

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-3-3

2.4 Konfigurasi Logic

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-4-1

Konfigurasi selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menambahkan konfigurasi logic, misalnya jika ingin tombol ini hanya tampil di HP saja, maka kita bisa mencentang opsi Only display the button on mobile devices dan ketika diakses menggunakan browser PC, maka tombol whatsapp tidak akan ditampilkan.

2.5 Konfigurasi Visibilitas

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-5-1

Sebelum melanjutkan konfigurasi visibilitas, kita perlu menyimpan konfigurasi yang sudah kita buat sebelumnya, sehingga perubahan tersimpan. Jika perubahan sudah tersimpan, maka kita bisa melakukan konfigurasi visibilitas dengan cara membuka tab Visibility.

Misalnya ingin tombol whatsapp ditampilkan dihalaman utama saja, maka pengaturan visibilitasnya bisa dibuat seperti ini, kemudian simpan.

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 2-5-2

3. Periksa Halaman

Karena semua konfigurasi sudah tersimpan, maka selanjutnya kita bisa mencoba apakah konfigurisi sudah sesuai atau belum dengan cara memeriksa halaman website kita menggunakan browser PC dan HP.

Cara Menambahkan Tombol Whatsapp di WordPress - 3-0-0

Selain memeriksa tampilan, pastikan juga untuk mencoba klik tombol whatsappnya, sehingga bisa dipastikan bahwa tombol Whatsapp sudah benar-benar berfungsi dengan baik.

Kesimpulan

Meski pada tutorial ini terlihat sangat banyak langkah yang diperlukan, sebenarnya untuk menambahkan tombol Whatsapp di WordPress tidak sesulit yang dibayangkan, karena jika kalian memahami setidaknya basic bahasa inggirs, maka kalian bisa langsung menginstall plugin Joinchat saja, kemudian langsung melakukan kustomisasi sesuai dengan keperluan dan selera.

Was this helpful?

0 / 0

Leave a Reply 0