Cara Mengatasi Temporary Failure Resolving archive.ubuntu.com


4 menit

Temporary Failure Resolving archive.ubuntu.com biasanya ditemukan ketika sedang menjalankan perintah update pada Ubuntu, memang kadang error ini bisa saja terjadi dan tentu saja sangat menyebalkan. Tapi tenang, karena error ini bukanlah sebuah error yang jarang ditemui, sehingga sudah ada cara untuk mengatasinya.

Kenapa Terjadi Error Temporary Failure Resolving archive.ubuntu.com?

Error temporary failure resolving archive.ubuntu.com ini biasanya terjadi karena server VPS ataupun PC kalian yang menggunakan ubuntu tidak bisa terhubung ke server ubuntu, baik karena kendala pada server ubuntu yang digunakan pada konfigurasi PC atau VPS, maupun karena kendala pada jaringan.

Sebenarnya error ini terjadi sementara saja, dan akan pulih kembali dalam beberapa saat. Namun jika setelah beberapa jam error tersebut belum juga pulih, maka kita bisa melakukan beberapa troubleshoot untuk mengatasi error ini.

Cara Mengatasi Temporary Failure Resolving archive.ubuntu.com

Karena penyebab umum error ini ada 2, maka disini kita juga bisa menggunakan cara yang berbeda untuk mengatasi temporary failure resolving.

Kedua cara tersebut adalah menggunakan DNS publik pada server/PC, atau bisa menggunakan cara kedua yaitu dengan mengubah repository yang digunakan untuk update ubuntu. (Daftar Local Repository Ubuntu 14.04 Sampai 22.04)

1. Menggunakan DNS Publik

Sebenarnya cara ini bisa digunakan untuk memeriksa apakah error disebabkan oleh jaringan internet atau ISP. Jika menggunakan cara ini masih gagal, maka disarankan untuk menggunakan cara kedua.

Untuk memeriksa apakah error disebabkan oleh ISP, maka kita bisa menambahkan DNS server untuk sementara. Misalnya menggunakan DNS publik Google.

echo "nameserver 8.8.8.8" | sudo tee /etc/resolv.conf > /dev/null

Setelah menambahkan atau menggunakan DNS Publik diatas, maka kita bisa mencoba memeriksa update ubuntu lagi

sudo apt-get update

Jika proses update tidak error, berarti kendala error pada VPS disebabkan ISP dan kalian bisa menunggu hingga ISP kembali normal, atau bisa langsung menghubungi ISP.

Tapi kalau ISP susah dihubungi ketika terjadi kendala, apakah bisa menambahkan DNS secara permanen? Karena cara yang dituliskan diatas hanya untuk sementara?

Untuk menggunakan DNS publik secara permanen, maka kita bisa menjalankan perintah dibawah ini

echo "nameserver 8.8.8.8" | sudo tee /etc/resolvconf/resolv.conf.d/base > /dev/null

Sudah menggunakan DNS publik tapi masih error? Mungkin kalian perlu mencoba untuk memeriksa cara kedua berikut ini.

2. Periksa Paket Repository

Error ini biasanya juga bisa disebabkan karena terdapat konflik pada paket repository, sehingga kita perlu memeriksa dan memperbarui paket repository yang tersimpan.

Pertama, buka dulu file paket repository, bisa menggunakan VI atau juga bisa menggunakan Nano

sudo vi /etc/apt/sources.list

Setelah berada didalam editor file “sources.list”, maka periksa setiap paket apakah memiliki nama rilis yang berbeda. Misalnya jika menggunakan Ubuntu 20.04.6 LTS, maka semuanya akan menggunakan nama Focal, misalnya deb http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ focal main restricted universe multiverse

Jika menemukan nama lain selain Focal, misalnya deb http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ bionic main restricted maka kalian perlu mematikan repository tersebut untuk sementara dengan menambahkan tanda pagar diawal, sehingga menjadi #deb http://archive.ubuntu.com/ubuntu/ bionic main restricted

Setelah semuanya diperiksa, simpan perubahan pada file “sources.list” kalian, kemudian coba lagi untuk melakukan update, dan seharusnya error temporary failure resolving archive.ubuntu.com sudah hilang.

sudo apt-get update && apt-get upgrade

Jika ternyata tidak ada kesalahan pada “sources.list”, maka kalian bisa mencoba untuk mengubah repository yang digunakan pada ubuntu kalian menggunakan repository local (Cara Menggunakan Repository Lokal Ubuntu)

Kesimpulan

Meski error ini merupakan error umum yang terjadi, namun biasanya error ini terjadi pada versi Ubuntu dengan nama lucid, maverick, natty, oneiric, precise, quantal, raring, saucy, trusty, utopic dan vivid.

Meski begitu, tidak menutup kemungkianan bahwa ubuntu dengan nama yang lain tidak mengalami error ini.

Selain itu, jika VPS yang kalian gunakan adalah VPS dengan server Indonesia, maka lebih disarankan untuk menggunakan Repository lokal, sehingga proses dan speed update akan menjadi lebih cepat.

Was this helpful?

0 / 0