Cara Mendapatkan Kode CNAME Google Hilang


16 Agu, 2023
3 menit

Pernah ngga sih ketika menambahkan domain ke layanan Google, kita tidak mendapatkan kode CNAME Google dan domain langsung tersimpan padahal kita belum menambahkan record apapun di domain?

Karena seperti yang sudah kita ketahui di Cara Menghubungkan Subdomain ke Blogger, ketika kita menambahkan domain ke layanan Google seperti Blogspot, Google Sites, atau Google Workspace biasanya kita perlu menambahkan kode verifikasi berupa TXT atau CNAME.

Permasalahan ini biasanya terjadi ketika kita lupa melakukan perpanjangan domain, kemudian kita membeli lagi domain tersebut ketika sudah tersedia, sehingga DNS record kita hilang namun Google masih menyimpan data kepemilikan domain tersebut.

Atau bisa juga karena kita memindahkan NS dari satu hosting ke hosting lain, atau bahkan memindahkan NS dari hosting ke Manage DNS penyedia domain.

Kemungkinan lain? Tentu saja ada, bisa saja karena domain kita sudah didaftarkan ketika menggunakan layanan Google lain, misalnya didaftarkan ke Google Sites, kemudian pindah ke Blogspot, maka kita tidak perlu verifikasi ulang. Atau justru CNAME dihapus tanpa sengaja.

Oke, jika membahas penyebab hilangnya CNAME record di domain tentu saja masih banyak yang perlu disebutkan, tapi disini kita akan membahas cara mendapatkan kode CNAME Google dari halaman Goole Search Console.

Cara Mendapatkan Kode CNAME Google Hilang

Sebenarnya untuk kode verifikasi ini tidak melulu menggunakan CNAME, ada juga yang menggunakan TXT. Namun karena record yang umum digunakan ketika verifikasi domain, terutama ke blogspot atau Google Sites menggunakan CNAME, maka kita anggap saja kode CNAME Google.

Untuk mendapatkan kode CNAME yang hilang melalui Google Search Console, pastikan kalian sudah login ke Google menggunakan akun yang digunakan untuk verifikasi kepemilikan, kemudan akses halaman https://search.google.com/search-console menggunakan browser yang sama.

Selanjutnya? Kalian bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Pilih Properti

Seperti yang pernah dibahas di Cara Mendaftarkan Domain ke Google Search Console sebelumnya, ketika mendaftarkan domain ke Google maka kita memiliki dua opsi, Mendaftarkan domain atau URL.

Jika di search console kalian ada properti Domain (tanpa http atau https) dan URL (dengan http, https, atau www) maka kalian perlu memilih properti Domain untuk melanjutkan.

Cara Mendapatkan Kode CNAME Google Hilang - 1-1

Setelah memilih properti, selanjutnya langsung buka halaman pengaturan untuk mendapatkan kode CNAME atau TXT kita.

2. Periksa Detail Verifikasi Kepemilikan

Selanjutnya di halaman pengaturan, terdapat beberapa pilihan halaman, dan untuk mendapatkan kode verifikasi maka kita bisa membuka menu atau halaman Pengguna dan Izin

Cara Mendapatkan Kode CNAME Google Hilang - 1-2

Setelah berada di halaman pengguna dan izin, buka menu Tindakan Lainnya yang ada di baris pengguna, kemudian pilih opsi Detail Verifikasi Kepemilikan

Cara Mendapatkan Kode CNAME Google Hilang - 1-3

Selanjutnya akan muncul detail verifikasi sesuai dengan metode yang digunakan sebelumnya. Jika sebelumnya melakukan verifikasi menggunakan TXT, maka akan tampil kode TXT. Jika sebelumnya menggunakan CNAME, maka akan tampil kode CNAME yang bisa kita salin dan menambahkannya ke halaman pengelola DNS

Cara Mendapatkan Kode CNAME Google Hilang - 1-4

3. Tunggu Propagasi Perubahan Kode CNAME Google

Setelah menambahkan kode CNAME atau TXT yang sudah kita salin dari Google, maka selanjutnya kita hanya perlu menunggu propagasi hingga Google dapat membaca kembali kode tersebut, kemudian menambahkan ulang domain ke layanan Google seperti Blogspot, Google Sites, Google Workspace, dan sebagainya.


Terima kasih telah berkunjung ke WPGan.com. Dapatkan saldo $100 di Vultr gratis dan deploy servermu sendiri melalui [Halaman Ini]
Tinggalkan Balasan 0
Share: