Cara Mematikan Auto Update WordPress


5 Nov, 2023
3 menit

Meski fitur auto update WordPress sangat berguna pada website, namun biasanya juga terdapat beberapa alasan kenapa kita perlu mematikan auto update WordPress.

Auto update sendiri merupakan fitur WordPress yang diperkenalkan sejak versi WordPress 3.7 yang dirilis pada 24 Oktober 2013.

Jika ketika melakukan update WordPress, terdapat theme atau plugin yang kurang kompatibel, maka kita bisa mematikan fitur auto update ini supaya nantinya WordPress tidak melakukan update secara otomatis yang menyebabkan error pada website kita.

Untuk memeriksa apakah WordPress terbaru tidak menyababkan error, maka kita bisa mencobanya dulu di localhost atau menggunakan Staging WordPress.

Cara Mematikan Auto Update WordPress

Seperti biasa, untuk mematikan auto update WordPress ini kita memiliki dua opsi. Pertama secara manual melalui file functions.php di theme aktif, atau menggunakan plugin.

Mematikan Auto Update WordPress Manual

Karena cara manual ini kita memerlukan beberapa baris kode, maka kita perlu mengedit file functions.php di theme aktif kita, baik melalui halaman dashboard WordPress, dari file manager, atau menggunakan FTP.

Untuk menambahkan kode di function theme aktif, kalian bisa mengikuti tutorial ini: Cara Menambahkan Kode di Function WordPress, kemudian pada file function tersebut, tambahkan baris kode dibawah ini untuk mematikan fitur auto update.

Tambahkan baris kode ini untuk mematikan fitur auto update core WordPress

define( 'WP_AUTO_UPDATE_CORE', false );

Gunakan kode dibawah ini untuk mematikan fitur auto update theme WordPress

add_filter( 'auto_update_theme', '__return_false' );

Kemudian jika ingin mematikan fitur auto update plugin WordPress, maka bisa menggunakan kode ini

add_filter( 'auto_update_plugin', '__return_false' );

Apabila ingin mematikan semua fitur auto update, maka kita bisa langsung menambahkan ketiga kode diatas ke file function, dan nantinya fitur auto update akan dimatikan.

Mematikan Auto Update WordPress Dengan Plugin

Berbeda dengan mematikan auto update secara manual yang perlu menambahkan kode, jika menggunakan plugin maka kita tidak perlu lagi mencari file functions.php ataupun menambahkan kode.

Easy Updates Manager merupakan plugin rekomendasi untuk mematikan fitur auto update WordPress, karen dari plugin ini kita bisa mematikan auto update WordPress Core, plugin dan theme tertentu, hingga log update WordPress.

Jika sebelumnya belum pernah upload plugin secara manual, maka kalian bisa mengikuti tutorial yang ada di halaman ini: Cara Upload Plugin WordPress.

Pluginnya sudah terinstall? Maka sekarang kita bisa mencoba untuk mematikan auto update WordPress.

Pertama, untuk membuka halaman auto update manager, kita bisa membuka menu wp-admin → Dashboard → Updates Options.

Cara Mematikan Auto Update WordPress - 2-1

Dari halaman Updates Options, kita bisa melakukan konfigurasi auto update, dari update ketika ada pembaruan minor, pembaruan nightly (development), atau juga bisa mematikan semua fitur auto update.

Cara Mematikan Auto Update WordPress - 2-2

Selanjutnya untuk mematikan auto update pada theme atau plugin tertentu, kita bisa membuka tab Plugins atau Themes, dan nantinya akan tampil daftar plugin atau theme yang bisa kita aktifkan atau nonaktifkan fitur auto updatenya.

Cara Mematikan Auto Update WordPress - 2-3

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mematikan fitur auto update WordPressnya?

Meskipun caranya sangat mudah, tapi lebih disarankan untuk terus melakukan update theme atau plugin ke versi terbaru, karena ketika kita tidak melakukan update ke versi terbaru, maka plugin atau theme tersebut bisa menjadi celah keamanan pada website kita.


Terima kasih telah berkunjung ke WPGan.com. Dapatkan saldo $100 di Vultr gratis dan deploy servermu sendiri melalui [Halaman Ini]
Tinggalkan Balasan 0
Share: